meditasi 3 dantian

Meditasi Tiga Dantian
Tiga Dan Tian atau Ladang Ramuan adalah area tubuh yang sesuai dengan apa yang digambarkan oleh para penganut Tao kuno sebagai Tiga Ladang Cinnabar. Mereka dianggap sebagai istana para Dewa di dalam tubuh. Pemeliharaan sirkulasi qi yang bebas melalui area ini dikatakan menjamin bahwa para Dewa akan tetap tinggal di dalam tubuh dan memungkinkan orang tersebut berumur panjang dan sehat. Jika sirkulasi qi terhambat, para Dewa akan berangkat untuk memastikan penyakit dan kematian dini.

Area-area ini juga dapat diartikan sebagai titik fokus berbagai fungsi fisik dan psikologis tubuh. Dan Tian atas, terletak di tengah dahi, berhubungan dengan fungsi fisik otak dan organ indera serta proses psikologis berpikir dan kontemplasi.

Dan Tian tengah, terletak di tengah dada di antara payudara, berhubungan dengan fungsi fisik pernapasan dan sirkulasi qi dan darah. Secara psikologis berfungsi sebagai pusat emosi dan interaksi tubuh.

Dan Tian bagian bawah, terletak di perut bagian bawah antara pusar dan tulang publik, berhubungan dengan fungsi fisik pencernaan, eliminasi, dan reproduksi. Secara psikologis, ini berfungsi sebagai rasa stabilitas dan keseimbangan serta sebagai hubungan seksual kita.

Meditasi Tiga Dan Tian menggunakan pernapasan dan konsentrasi untuk mengaktifkan sirkulasi qi dan darah melalui area ini.

Meditasi Tiga Dan Tian

1. Tutup mata Anda dan tempatkan kesadaran Anda di Dan Tian bawah. Tarik napas ke area ini 5 kali.
2. Tarik napas ke dalam Dan Tian bagian bawah dan bayangkan Anda sedang menarik qi ke dalam tubuh Anda dari luar. Buang napas dan pancarkan qi ke alam semesta. 12-36 kali.
3. Tarik napas ke tengah Dan Tian dan bayangkan Anda sedang menarik qi ke dalam tubuh Anda dari luar. Buang napas dan pancarkan qi ke alam semesta. 12-36 kali.
4. Tarik napas ke dalam Dan Tian atas dan bayangkan Anda sedang menarik qi ke dalam tubuh Anda dari luar. Buang napas dan pancarkan qi ke alam semesta. 12-36 kali.
5. Kembalikan kesadaran Anda ke Dan Tian yang lebih rendah. Fokuskan nafas di sana dan biarkan qi menumpuk. 12-36 kali.
6. Buka mata Anda secara perlahan. Gosok kedua telapak tangan dengan kuat hingga terasa hangat. Gosoklah tubuh anda mulai dari kepala, lengan, dada, perut, punggung bawah, kaki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

penjelasan kundalini golden flower level 33

solfeggio

kgf 33